Social Icons

Empat Nelayan Brebes Ikut Jadi Korban Hilang

BREBES, suaramerdeka.com – Empat nelayan asal Kelurahan Pasarbatang, Kecamatan/Kabupaten Brebes, dilaporkan hilang di perairan Kalimantan Tengah. Mereka merupakan bagian dari 19 Anak Buah Kapal (ABK), yang dilaporkan hilang di perairan sekitar 20 mil dari Kalimantan Tengah. Kondisi itu membuat para keluarga di kampung halaman cemas.

Seperti diberitakan sebelumnya, Kapal Motor (KM) Bangkit Jaya I asal Tegal dikabarkan karam. Peristiwa itu terjadi setelah kapal jenis cantrang tersebut diterjang ombak besar di perairan sekitar 20 mil dari Kalimantan Tengah, Sabtu (21/12). Atas kejadian tersebut dilaporkan sebanyak 19 ABK hilang dan kini masih dalam pencarian.

Empat ABK KM Bangkit Jaya I asal Kelurahan Pasarbatang itu di antaranya, Maskuri (30), Nurkholik (35), Sumardi (40) dan Mohamad Ruri (21). Tohirin(35), kakak korban Maskuri mengaku, seluruh keluarga kini cemas. Pihaknya juga terus mencari kejelasan kondisi korban tersebut.

Adiknya dan ABK kapal lain berangkat melaut pada sabtu 14 Desember lalu untuk mencari ikan. Mereka rencananya pulang setelah 50 hari melaut. Namun, pihaknya mendapat kabar jika kapal yang digunakan adiknya karam diterjang ombak.
"Kami sangat cemas, apalagi hingga kini belum ada kejelasan," ujarnya, Senin (23/12).

Lebih lanjut dia mengatakan, keluarga mendapatkan kabar musibah tersebut dari juragan kapal. Informasinya kapal pencari ikan kandas setelah diterjang ombak setinggi 4-5 meter, Sabtu pekan lalu waktu dini hari. "Kami hanya bisa berharap dan berdoa. Kalau pun meninggal jenazahnya bisa dibawa pulang," tuturnya.

( Bayu Setyawan / CN38 / SMNetwork )

dari Suara Merdeka, 23 Des 2013
 

KPMDB Jogja