Social Icons

Musyawarah Wilayah KPMDB Jogja

Musyawarah Wilayah (Muswil) Keluarga Pelajar Mahasiswa Daerah Brebes (KPMDB) Wilayah Yogyakarta atau yang biasa disebut KPMDB Jogja merupakan kegiatan musyawarah yang dilaksanakan oleh KPMDB Jogja dan merupakan musyawarah tertinggi dalam Organisasi KPMDB Jogja. Muswil dilaksanakan setiap tahun dan menjadi agenda tahunan. Dalam kegiatan Muswil KPMDB Jogja dibagi menjadi beberapa acara, yaitu Studium General, Laporan Pertanggungjawaban (LPJ) Kepengurusan Sebelumnya dan Sidang Pleno.

Studium General diisi oleh alumni KPMDB Jogja, warga Brebes yang memiliki kedudukan di pemerintahan Brebes, ataupun orang-orang tertentu yang masih berhubungan dengan Kabupaten Brebes. Materi yang diberikan variatif, sesuai dengan keadaan atau kesiapan pemateri. Dalam Studium General acara yang ada di dalamnya yaitu pembahasan materi serta diskusi dan tanya jawab antar pemateri dan peserta.

LPJ Kepengurusan sebelumnya (sebelum digantikan oleh kepengurusan baru setelah Muswil) menjadi acara wajib dalam Muswil, karena di dalamnya dibacakan dan dibahas LPJ kepengurusan sebelumnya. Mulai dari Ketua dan Wakil, Sekretaris, Bendahara serta tiap Divisi melaporkan program kerja (Proker) yang direncanakan serta realisasinya dan dijelaskan juga hambatan dan solusi untuk memperbaiki program kerja yang ada.

Sidang Pleno dibagi lagi menjadi :
Pembacaan Peraturan persidangan
Sidang Pleno, meliputi :
Sidang Pleno Pertama, membahas mengenai Anggaran Dasar
Sidang Pleno Kedua, membahas mengenai Anggaran Rumah Tangga
Sidang Pleno Ketiga, membahas mengenai Garis-garis Besar Haluan Kerja (GBHK), Pedoman Kerja Organisasi (PKO), dan RO
Sidang Pleno Keempat, melakukan pemilihan ketua umum periode selanjutnya.
Pelaksanaan Muswil KPMDB Jogja yaitu pada bulan Maret atau April setiap tahunnya. Jika ada beberapa kendala bisa saja ditunda untuk beberapa minggu sesuai situasi dan kondisi.
Hasil dari dilaksanakannya Muswil yaitu pedoman AD/ART, GBHK, PKO dan RO yang sudah disepakati bersama serta terpilihnya ketua umum baru untuk periode setelahnya (setelah muswil), dan terbentuknya Dewan Pertimbangan Anggota (DPA). Setelah terpilihnya ketua umum kepengurusan baru, selanjutnya akan diadakan rapat perdana kepengurusan baru yang membahas mengenai proker, serta penyampaian hasil DPA, sebelum nantinya dilanjutkan dengan kegiatan Pelantikan Kepengurusan Baru.
 
Berita terkait : Muswil KPMDB Jogja 2013, Pelantikan Kepengurusan Baru KPMDB Jogja, Awal dan Akhir Kepengurusan

~medinfokom kpmdb jogja 2013/2014~
 

KPMDB Jogja