Social Icons

BBM Naik, Harga Telor Asin Naik Dekati 3000 Rupiah Per-butir

dipicu kenaikan harga bahan telor dan gaji pekerja

telorBREBESNEWS.CO – Imbas Naiknya harga Bahan Bakar Minyak (BBM) seminggu yang lalu, di sertai dengan kenaikan hasil produk unggulan kabupaten Brebes, yakni telor asin. Telor asin yang dulunya berharga sekitar 2500 rupiah per butir, kini sudah nyampai harga 2800 rupiah per butir, atau tingkat kenaikannya mencapai sekitar 20 Prosen.

Nurdin, perajin sekaligus penjual telor asin sekitar pasar Induk Brebes mengatakan, memang pada awal BBM naik kenaikan telor asin tidak begitu signifikan, yakni dari 2500 rupiah menjadi 2600 rupiah. Namun kini sudah berharga sekitar 2800 rupiah.

” kenaikan BBM jelas berimbas pada harga produk unggulan kabupaten Brebes ini, yakni telor asin. Kenaikan berkisar 20 Prosen, atau yang biasanya 2500  rupiah per butir kini harganya 2800 rupiah per butir,” tutur Nurdin kepada BREBESNEWS.CO sabtu (28/6).

Menurutnya kenaikan di picu dengan kenaikan bahan mentah telor asin atau telor bebek, juga bahan bakar serta bahan penunjang yanga lainnya. Harga telor bebek mentah yang biasanya hanya 2000 rupiah kini sudah 2200 rupiah per- butir telor.

Hal sama juga dikatakan Wahyu pedagang telor yang berada di alun-alun Brebes. Menurut Wahyu, kenaikan telora asin yang di jualnya kini berkisar 2900 rupiah. kenaikan harga telor asin jelas di picu dengan adanya kenaikan harga BBM.

“Dari perajin telor asinnya saja sudah mahal sekikitar 2500 rupiah, jadi sebagai penjual saya hanya mengambil untung sekitar 200 hingga 400 rupiah per-telornya,” ungkap Wahyu.

Sementara berdasarkan pantauan BREBESNEWS.CO ke beberapa sentra perajin telor asin, harga telor asin disamping bahan baku telor sudah naik, pekerja juga meminta upah yang diterima juga minta kenaikan. (Afif.A)

dikutip dari brebes.co 29 Juni 2013
 

KPMDB Jogja