Social Icons

2014, Brebes Jadi Tempat Kejuaraan Catur Tingkat Povinsi Jateng

BREBESNEWS.CO – Berdasar Surat Keputusan (SK) dari Pengurus Porvinsi Jawa Tengah, Brebes di tunjuk menjadi tuan rumah kejuaraan olah raga catur tingkat provinsi Jawa Tengah 2014.

joni caturHal ini merujuk pada edaran SK Pengprov nomor 008/SK. Pengprov/1/2014, dengan bunyi penetapan Pengkab Percasi (Pengurus Kabupaten Persatuan Catur Seluruh Indonosia) Brebes sebagai pelaksana Kejuaraan Provinsi (Kejurprov) dan Musyawarah Provinsi (Musyawarh Provinsi) Percasi.

Sesuai jadwal, pelaksanaan kejuaraan catur tingkat provinsi dilaksanakan 14 Juni hingga 19 Juni 2014. Sedang untuk Musyawarah Procinsi Percasi tingkat Pengurus Percasi Jawa Tengah dilaksanakan tertanggal 15 Juni, di aula sekertariat DPRD Brebes.

“Untuk tempat pelaksanaan kejuaraan, yakni di Islamik Center dan Aula MTsN Model Brebes, jalan Yos Sudarso, Pasarbatang setelah 8 panitia survai dari Jawa Tengah, menyurvai tempat, antaranya UMUS (Universitas Muhadi Setiabudi), GOR Brebes,” ujar Jhoni Murahman, ketua Percasi Brebes kepada BREBESNEWS.CO, Senin (10/3).

Jhoni, yang juga sebagai karyawan PNS di dinas Peternakan kabupaten Brebes, mengatakan lomba kejuaraan di kategorikan pada 2 lomba, yakni untuk kelas senior, dengan atlet catur ber-usia 19 tahun ke atas, dan klasifikasi kategori junior yakni, Kelas A,B,C,D,E,F,G dengan usia kategori dari usia 6 tahun hingga batas usia 18 tahun.

Sementara ketentuan lomba, yakni
merujuk pada penilaian tingkat klasik, yakni dengan waktu 3 jam, cepat dengan waktu 25 menit, dan kilat dengan masa pertandingan lomba di bawah 10 menit.

Untuk hadiah lomba, pemenang akan di beri medali emas, perak dan perunggu, dengan uang pembinaan belum diketahui jumlahnya karena belum di bahas lebih lanjut.

“Hadiah uang pembinaan mungkin kisaran 1,2 juta untuk medali emas, 1 juta untuk hadiah perak dan perunggu 750 ribu. Hal ini mengacu pada kebiasaan lomba yang biasa diselenggarakn untuk tingkat provinsi,” kata Jhoni menduga.

Untuk Brebes sendiri, kemungkinan Pengurus cabang catur akan menurunkan 6 pemain di lomba senior. Sementara untuk lomba junior, tidak bisa menurkan.

“Ini, artinya untuk atlit catur senior dalam lomba akan di biayai dengan dana Percasi, semenetara untuk kelas junior bisa mendaftar namun atas biaya sendiri,” terang Jhoni.

Jhoni memperkirakan lomba catur tingkat Provinsi ini diikuti 500-an atlit catur dari kabupaten/ kota di Jawa Tengah.

Sesuai SK Percasi provinsi, kabupaten Brebes ketempatan kejuaraan provinsi Jawa Tengah, setelah kejuaraan provinsi tahun lalu (2013) dilaksanakan di Purwokerto, Banyumas. (AFIF.A)

brebesnews.co, 10 Maret 2014
~ medinfokom kpmdbjogja ~ 280314 2117
 

KPMDB Jogja