Social Icons

Bawang Impor Banjiri Brebes, Lokal Terpuruk

BREBES (KRjogja.com) - Harga bawang merah asal Kabupaten Brebes merosot sampai Rp 7 ribu per kilogram dari sebelumnya mencapai Rp 15 ribu. Sedangkan harga jual ditingkat pedagang di luar Brebes bisa menembus Rp 25.000 hingga Rp 30.000 per kg.

Menurut sejumlah petani di Brebes, turunnya harga bawang lokal itu lebih dipengaruhi
banjirnya bawang impor di pasaran umum dari pada stok bawang lokal yang melimpah dari hasil panen raya.

"Memang ada sebagian lahan bawang yang kebanjiran sehingga tanaman bawang rusak, tapi stok bawang lokal sekarang banyak karena dibeberapa tempat ada panenan. Justru jatuhnya nharga jual bawang lokal dipengaruhi banyaknya bawang impor masuk ke pasaran mumum", ujar Subechi (54) petani bawang merah asal Desa Randusanga Lor, saat ditemui KRjogja.com, Senin (10/02/2014).

Sementara Ketua Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Kabupaten Brebes, Ir Masrukhi Bachro menilai, justru Pemerintah gagal membuat sistem perlindungan kepada petani bawang merah lokal. Terbukti dengan adanya perbedaan harga di tingkat petani dan konsumen yang selisihnya sangat jauh.

Dia menjelaskan harga bawang merah Brebes di tingkat petani sudah dua pekan ini anjlok drastis. Saat ini harganya berkisar Rp 7 ribu per kg, namun harga jual bawang merah di tingkat konsumen di luar daerah sudah tembus hingga Rp 30 ribu. (Ryd)

dari krjogja 10 Feb 2014

~ medinfokom kpmdb jogja ~
 

KPMDB Jogja