Social Icons

Sejarah Hari Batik 2 Oktober


Sejarah Hari Batik Nasional 2 Oktober - Di Indonesia, tanggal 2 Oktober diperingati sebagai Hari Batik Nasional. Adakah diantara Anda yang bertanya-tanya dalam hati mengapa harus tanggal 2 Oktober yang dipilih sebagai Hari Batik?

Ternyata
asal usul dari pemilihan tanggal tersebut bermula dari ditetapkannya batik sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi atau Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity oleh UNESCO.

Badan PBB untuk masalah kebudayaan itu menetapkan batik jadi warisan dunia tepat pada tanggal 2 Oktober 2009 lalu.

Hal tersebut diungkapkan oleh Ujar Prayogo, kurator Museum Batik Yogyakarta seperti dilansir oleh laman ROL, Selasa 02/10/13.

        “Tanggal 2 Oktober 2009 UNESCO mengakui batik sebagai warisan dunia, ini hal yang harus disyukuri,” kata Ujar Prayogo.


Pada saat menetapkan batik sebagai warisan dunia, ternyata Unesco juga menetapkan tanggal 2 Oktober sebagai hari batik sedunia. Hal tersebut dapat dibaca pada situs Wikipedia yang membahas mengenai batik dan asal usulnya.

Ini selayaknya membuat masyarakat Indonesia makin bangga mengenakan busana dengan bahan kain bergambar aneka motif lukisan dari cairan malam tersebut.

Untuk Anda yang ingin kenal dan mempelajari lebih dalam mengenai kain batik, cara membuat batik, dan masalah perbatikan lainnya, Museum Batik di Yogyakarta tersebut bisa jadi tujuan Anda.

Museum yang berdiri sejak tahun 1979 ini memiliki ribuan koleksi yang pastinya luar biasa. Termasuk 1 buah kain batik tulis asli yang berasal dari tahun 1700, Sejarah Hari Batik Nasional 2 Oktober.

Repost dari http://ahlikompi.blogspot.com/2013/10/sejarah-hari-batik-nasional-2-oktober.html
Rabu, Oktober 02, 2013  Oleh Kaharuddin Eka Putra

=3913-01.02=
 

KPMDB Jogja