Social Icons

KOLAK : Pendidikan adalah Jihad Ilmu Pengetahuan (2)

Kita lanjutkan lagi bahasan KOLAK minggu kemarin :)

Sebenarnya makna jihad dalam Islam tidak hanya perang saja. Kata jihad berasal dari bahasa Arab, yaitu dari akar kata jahada yang artinya bersungguh-sungguh. Maksudnya bersungguh-sungguh, Sedangkan jihad fi sabilillah adalah bersungguh-sungguh di jalan Allah, yaitu berjuang secara bersungguh-sungguh membela kebenaran di jalan (agama) Allah. Jihad fi sabilillah tidak hanya berperang, namun juga bisa diwujudkan bentuk bersungguh-sungguh dalam beribadah, bekerja, belajar atau mencari ilmu (pendidikan).

Dari paparan pada KOLAK sebelumnya, maka yang dimaksud dengan pendidikan di sini adalah pendidikan yang Islami, yaitu pendidikan yang memuat nilai-nilai keislaman. Pendidikan yang Islami tidak sama dengan pendidikan agama Islam (pengetahuan tentang Islam meliputi Al-Qur'an dan Hadits, akhlak, aqidah, fiqih, ilmu kalam, dll). Namun maksudnya dalah semua ilmu yang diajarkan dalam pendidikan adalah bagian integral dari Islam.

Menurut H.M. Arifin (1991:33-37), dalam pendidikan Islami ada beberapa sasaran yang ingin dicapai yang digali dari Al-Qur'an, meliputi pengembangan fungsi manusia yaitu: (1) Menyadarkan manusia secara individual pada posisi dan fungsinya di tenagh makhluk lain, serta tentang tanggung jawab dalam kehidupannya; (2) Menyadarkan manusia dalam hubungannya dengan masyarakat, serta tanggung jawabnya terhadap ketertiban masyarakat itu; (3) Menyadarkan manusia terhadap Pencipta alam dan mendorongnya untuk beribadah kepada-Nya; (4) menyadarkan manusia tentang keudukannya terhadap makhluk lain dan membawa agar memahami hikmah Tuhan menciptakan makhluk lain, serta memberikan kemungkinan kepada manusia untuk mengambil manfaatnya.

Hakikat pendidikan Islami adalah ijtihad atau usaha seseorang muslim yang bertaqwa yang secara sadar mengarahkan dan membimbing pertumbuhan serta perkembangan fitrah (kemampuan dasar) manusia melalui ilmu yang mencakup nilai-nilai ajaran Islam ke arah titik maksimal pertumbuhan dan perkembangannya. Dengandemikian, pendidikan adalah jihad dengan ilmu dan bisa dimaksudkan jihad fi sabilillah. Wallahu A'lam.

Abdullah Hakim S. Pd. I
Sarjana Pend. Agama Islam UMY
Sumber : Buletin Jum'at Edisi 38
 

KPMDB Jogja