Social Icons

GIR dan BOX

Terlihat 15 gear yang saling berhubungan, baik itu bersinggungan langsung atau dihubungkan dengan tali. Salah satu diantara 15 gear yang ada memiliki tuas, dimana tuas tersebut nantinya akan diputar sesuai dengan arah putaran (dalam gambar sesuai arah jarum jam). Selain gear, terlihat pula rol/roda polos yang difungsikan untuk mengaitkan dan menyesuaikan tali penghubung sebelum nantinya dibungkan dengan box yang ada. Dan satu gambar lagi yaitu BOX, yang nantinya akan berpengaruh jika tuas yang ada pada gear pertama diputar searah jarum jam.

Lalu, bagaimana jika gear bertuas diputar sesuai arah jarum jam (sesuai terlihat di gambar)? Terbuka ataukah Tertutup?
Mari kita lihat pembahasannya, namun sebelumnya kita beri  nomor gear dan nomor rol dulu untuk lebih mempermudah. OK, siap.


OK, kita bahas apa yang akan terjadi dengan Box yang ada di bagian akhir dari eksekusi. Hehehe... 
Gear pertama kita putar searah dengan tanda panah (searah jarum jam), gear kedua yang langsung bersinggungan, secara otomatis berputar berlawanan arah dengan gear pertama, berlawan arah pula dengan jarum jam. Begitupula dengan gear ketiga, yang dihubungkan dengan tali, sehingga arah putarannya sama dengan gear kedua. Kemudian, karena gear ketiga berlawanan arah jarum jam, maka gear keempat kembali searah dengan arah jarum jam, karena langsung bersinggungan dengan gear ketiga. Selanjutnya sudah jelas, gear keempat searah jarum jam, gear kelima berlawanan arah jarum jam, gear keenam searah dengan jarum jam lagi, dan gear ketujuh berlawanan dengan jarum jam. OK, sampai disini sudah bisa dipahami pastinya.

Lanjut kita bahas gear ketujuh, yang berlawanan dengan arah jarum jam. Kita perhatikan gear ketujuh dan gear kedelapan dihubungkan dengan tali, namun tali yang menghubungkan kedua gear tersebut dikaitkan dengan melilit / tidak lurus, tidak sepeti gear kedua dan gear ketiga, sehingga putaran gear kedelapan akan searah dengan jarum jam, dengan kata lain, jika tali penghubung gear tersebut melilit (satu kali) itu sama dengan dua gear yang langsung bersinggungan.

OK, gear 8 searah dengan jarum jam, gear kesembilan lagi-lagi berlawanan dengan arah jarum jam. Gear kesepuluh searah dengan jarum jam, gear kesebelas berlawanan dengan arah jarum jam, gear ke-12 searah dengan jarum jam, gear ke-13 berlawanan dengan arah jarum jam, gear ke-14 searah jarum jam dan gear ke-15 akhirnya berlawanan dengan jarum jam.OK. pembahasan gear selesai.

Selanjutnya kita bahas rol atau lebih jelas saja roda. Roda pertama yang berhubungan dengan gear ke-15 akan berputar searah dengan gear ke-15 atau berlawanan dengan arah jarum jam. Kemudian roda kedua berputar searah dengan jarum jam, karena tali penghubungberada di bawah (bisa dibayangkan sendiri) dan akhirnya roda ketiga akan berlawanan dengan arah jarum jam. Sehingga tali yang diikat dengan box akan semakin naik dan ahirnya box yang diikatkan dengan tali yang berhubungan dengan 15 gear dan diantar oleh 3 roda, akhirnya terbuka.

Yupz, itulah kenapa jika  gear pertama yang memiliki tuas diputar searah dengan jarum jam akan membuka box yang ada di tempat lain dengan berantara gear dan roda yang saling dihubungkan secara langsung maupun dihubungkan dengan tali.

Sekian pembahasannya, Trims. Semoga bermanfaat.
~ medinfokom kpmdb jogja ~ 091013-
 

KPMDB Jogja