Ya, beberapa minggu yang lalu kita orang Indonesia khususnya Jawa dan wa bil khusus orang Jawa Timur di Kediri dan sekitarnya, mendapatkan cobaan berupa letusan Gunung Kelud dan abunya hampir menutupi seluruh pulau Jawa, sampai sempat membekukan operasional Bandara di beberapa Kota di Jawa.
Kolak kali ini sebenarnya bukan dari tulisan admin sendiri, melainkan kutipan bahkan copypaste dari suatu tulisan di muslim.or.id, selamat membaca ;)
Disusun di pagi hari penuh berkah di Pesantren Darush Sholihin, Gunungkidul, 15 Rabi’uts Tsani 1435 H
Penulis: Muhammad Abduh Tuasikal
Sebagian orang menyebarkan pesan di sms atau broadcast BB di mana pesan
tersebut mengaitkan meletusnya Gunung Kelud, Kediri, Jawa Timur dengan nomor
ayat-ayat tertentu yang sengaja dicocok-cocokkan.
Tanggal 13 Bulan 2 (Surat 13 ayat 2), “Allah-lah Yang meninggikan langit
tanpa tiang (sebagaimana) yang kamu lihat, kemudian Dia bersemayam di atas
‘Arasy, dan menundukkan matahari dan bulan. Masing-masing beredar hingga waktu
yang ditentukan. ALLAH MENGATUR URUSAN (Makhluk-Nya), MENJELASKAN TANDA-TANDA
(Kebesaran-Nya), supaya kamu meyakini pertemuan (mu) dengan Tuhanmu.”-
Meletus Jam 22:49, 22:50 (Surat 22: 49-50), Katakanlah: “Hai manusia,
sesungguhnya Aku adalah seorang PEMBERI PERINGATAN YANG NYATA kepadamu.”Maka
ORANG-ORANG YANG BERIMAN DAN BERAMAL SALEH, BAGI MEREKA AMPUNAN DAN REZKI YANG
MULIA.-
Tahun 2014 (Surat 20:14): “Sesungguhnya Aku ini adalah ALLAH, tidak ada
Tuhan (yang hak) selain Aku, Maka SEMBAHLAH AKU dan DIRIKANLAH SHALAT untuk
MENGINGAT AKU.”—- SUBHANALLAH —-
Apakah boleh mengaitkan nomor ayat Al Qur’an dengan kejadian-kejadian
semacam itu?
Cara Menafsirkan yang Keliru
Kalau kita perhatikan, cara mengaitkan ayat dengan kejadian tertentu itu
jelas keliru. Karena hal itu baru dikaitkan setelah peristiwa itu terjadi seperti
Gunung Kelud meletus. Seandainya tidak terjadi, apa ia bisa menebak seperti
itu? Tentu saja tidak.
Lalu kenapa hanya dikaitkan dengan meletusnya Gunung Kelud, bagaimana dengan
Gunung Merapi yang dahulu meletus dan bagaimana lagi dengan Gunung Sinabung?
Apa ketika gunung tersebut meletus baru dikait-kaitkan?
Kemudian kalau dalam ayat disebutkan suatu siksaan atau azab, maka tidak
bisa kita katakan berlaku untuk kejadian-kejadian saat ini.
Cara menafsirkan seperti di atas jelas adalah cara yang keliru yang tidak
pernah dicontohkan oleh salafush sholeh.
Yang perlu dipahami terlebih dahulu, ayat Al Qur’an diturunkan untuk
ditadabburi, direnungkan dan dipahami maknanya. Ayat Al Qur’an bukanlah turun
untuk mengaitkannya dengan kejadian-kejadian atau peristiwa saat ini. Allah Ta’ala
berfirman,
كِتَابٌ
أَنزَلْنَاهُ إِلَيْكَ مُبَارَكٌ لِّيَدَّبَّرُوا آيَاتِهِ وَلِيَتَذَكَّرَ
أُوْلُوا الْأَلْبَابِ
“Ini adalah sebuah kitab yang Kami turunkan kepadamu penuh dengan berkah
supaya mereka memperhatikan ayat-ayatnya dan supaya mendapat pelajaran
orang-orang yang mempunyai fikiran” (QS. Shod: 29)
Namanya tadabbur Al Qur’an itu sebagaimana disebutkan oleh Al Hasan Al
Bashri rahimahullah -seorang tabi’in-,
والله
ما تَدَبُّره بحفظ حروفه وإضاعة حدوده، حتى إن أحدهم ليقول: قرأت القرآن كله ما
يرى له القرآنُ في خلق ولا عمل
“Demi Allah, Al Qur’an bukanlah ditadabburi dengan sekedar menghafal
huruf-hurufnya, namun lalai dari memperhatikan hukum-hukumnya (maksudnya:
mentadabburinya). Hingga nanti ada yang mengatakan, “Aku sudah membaca Al
Qur’an seluruhnya.” Namun ternyata Al Qur’an tidak diwujudkan dalam akhlak dan
juga amalannya.” Diriwayatkan oleh Ibnu Abi Hatim. (Lihat Tafsir Al
Qur’an Al ‘Azhim, 6: 419).
Begitu pula cara menafsirkan Al Qur’an seperti mengaitkan nomor ayat dengan
kejadian seperti itu, hanyalah menafsirkannya dengan logika dan ini tercela.
Ibnu Katsir mengatakan, “Menafsirkan Al Qur’an dengan logika semata,
hukumnya haram.” (Tafsir Al Qur’an Al ‘Azhim, 1: 11).
Dalam hadits disebutkan,
وَمَنْ
قَالَ فِى الْقُرْآنِ بِرَأْيِهِ فَلْيَتَبَوَّأْ مَقْعَدَهُ مِنَ النَّارِ
“Barangsiapa berkata tentang Al Qur’an dengan logikanya (semata), maka
silakan ia mengambil tempat duduknya di neraka” (HR. Tirmidzi no. 2951.
Tirmidzi mengatakan bahwa hadits ini hasan. Al Hafizh Abu Thohir mengatakan
bahwa sanad hadits ini dho’if).
Lihat saja ‘Umar bin Khottob mencontohkan tidak seenaknya kita menafsirkan
ayat. Ketika beliau membaca ayat di mimbar,
وَفَاكِهَةً
وَأَبًّا
“Dan buah-buahan serta rumput-rumputan” (QS. ‘Abasa: 31). Umar
berkata, kalau “fakihah” dalam ayat ini sudah kita kenal. Namun apa yang
dimaksud “abba”?” Lalu ‘Umar bertanya pada dirinya sendiri. Lantas Anas mengatakan,
إن
هذا لهو التكلف يا عمر
“Itu sia-sia saja, mempersusah diri, wahai Umar.” (Dikeluarkan oleh Abu
‘Ubaid, Ibnu Abi Syaibah, Sa’id bin Manshur dalam kitab tafsirnya, Al Hakim,
serta Al Baihaqi. Al Hakim mengatakan bahwa hadits ini shahih sesuai
syarat Bukhari Muslim. Imam Adz Dzahabi juga menyetujuinya).
Yang dimaksud adalah Umar dan Anas ingin mengetahui bagaimana bentuk abba
itu sendiri. Mereka sudah mengetahuinya, namun bentuknya seperti apa yang
mereka ingin ungkapkan. Abba yang dimaksud adalah rerumputan yang tumbuh di
muka bumi. (Lihat Tafsir Al Qur’an Al ‘Azhim, 1: 14).
Lihat saja seorang sahabat yang mulia -seperti Umar bin Khottob dan Anas bin
Malik- begitu hati-hati dalam menafsirkan ayat. Mereka begitu khawatir jika
salah karena dapat jauh dari apa yang dikehendaki Allah Ta’ala tentang maksud
ayat itu. Beda dengan orang saat ini yang menafsirkan seenaknya perutnya tanpa
memakai tuntunan, hanya semata-mata memakai logika dengan mengaitkan nomor ayat
dengan peristiwa gempa dan meletusnya gunung. Semoga kita dijauhkan dari cara
menafsirkan yang keliru seperti ini.
Cara Menafsirkan Al Qur’an yang Benar
Ibnu Katsir menunjukkan bagaimana cara terbaik menafsirkan Al Qur’an sebagai
berikut:
- Menafsirkan Al Qur’an dengan Al Qur’an. Jika ada ayat yang mujmal (global), maka bisa ditemukan tafsirannya dalam ayat lainnya.
- Jika tidak didapati, maka Al Qur’an ditafsirkan dengan sunnah atau hadits.
- Jika tidak didapati, maka Al Qur’an ditafsirkan dengan perkataan sahabat karena mereka lebih tahu maksud ayat, lebih-lebih ulama sahabat dan para senior dari sahabat Nabi seperti khulafaur rosyidin yang empat, juga termasuk Ibnu Mas’ud dan Ibnu ‘Umar.
- Jika tidak didapati, barulah beralih pada perkataan tabi’in seperti Mujahid bin Jabr, Sa’id bin Jubair, ‘Ikrimah (bekas budak Ibnu ‘Abbas), ‘Atho’ bin Abi Robbah, Al Hasan Al Bashri, Masruq bin Al Ajda’, Sa’id bin Al Musayyib, Abul ‘Aliyah, Ar Robi’ bin Anas, Qotadah, dan Adh Dhohak bin Muzahim. (Lihat Tafsir Al Qur’an Al ‘Azhim karya Ibnu Katsir, 1: 5-16)
Semoga Allah terus memberi kita
taufik ke jalan yang lurus.