Social Icons

"Bank Buku" KPMDB Jogja Peduli Pendidikan

Bank Buku
JOGJA - Melalui gerakan Bank Buku mahasiswa daerah yang tergabung dalam organisasi Keluarga Pelajar Mahasiswa Daerah Brebes (KPMDB) Wilayah yogyakarta menggalang buku-buku bacaan dari mahasiswa dan masyarakat umum. 

Selain menyubangkan buku, donatur juga bisa menyumbangkan alat tulis dan alat peraga sebagai media belajar. Kegiatan ini merupakan
bentuk wujud kepeduliaan mahasiswa daerah Brebes yang kuliah di Perguruaan Tinggi Yogyakarta, diantaranya UGM, UIN, UNY, UMY, UAD, AMIKOM, UTY, UJB, UII, dan STIE YKPN. 
Tujuan dari program Bank Buku ini adalah untuk
meningkatkan minat baca masyarakat Desa Temukerep, Kacematan Larangan, Kabupaten Brebes yang bekerjasama dengan Taman Bacaan Masyaraka (TBM) “Amal Soleh”. TBM Amal Soleh merupakan TBM binaan dari Bapak Marzuki, S.Pd. Seorang pengiat literasi di kecamatan larangan. TBM ini berdiri belum cukup lama, namun antusiasme dari masyarakat sangat baik khususnya kalangan anak-anak dan remaja yang notabene masih menempuh pendidikan SD, SMP dan SMA.
Selain bertujuan untuk meningkatkan minat baca masyarakat daerah Brebes, program ini juga diharapkan dapat membantu pemerintah dalam meningkatkan anka melek huruf. Mengingat anka melek huruf Kabupaten Brebes masih tertinggal dari kabupaten lainnya di wilayah Provinsi Jawa Tengah. Menurut data BAPEDA tahun 2012 angka melek huruf  Kabupaaten Brebes menempati urutan ke 32 dari 35 kabupaten di Provinsi Jawa Tengah, tertinggal jauh dari Kota Tegal yang menempati urutan ke 7 Setelah Kota Pekalongan.
Untuk masing-masing kampus disekitar yogtakarta juga sudah ada volunteer dari Program Bank Buku ini, jadi jangan khawatir untuk para mahasiswa dan donatur yang ingin mendonasikan buku, alat tulis, ataupun alat peraga. Untuk info lebih lanjut bisa langsung menghubungi volunteer umum yang tertera pada poster Bank Buku. Jenis buku yang dibutuhkan diantaranya adalah buku cerita bergambar, ensiklopedia, buku pelajaran SD, SMP, SMA, novel anak dan remaja, ilmu pengetahuan umum, majalah anak, alat tulis serta alat peraga. AYO... saatnya yang muda berpartisipasi dalam pembangunan bangsa! Salam.



 

KPMDB Jogja